Resep Mpasi Bayi Umur 6 Bulan

Resep Mpasi Bayi Umur 6 Bulan

Yang sering kita dengar ketika bayi sudah umur 6 bulan, maka awal kehidupan seorang bayi dimulai, kebutuhan gizinya dicukupi oleh asupan ASI dan sejenisnya. Menjelang usia 6 bulan, bayi mulai di perkenalkan makanan pendamping ASI/MPASI  untuk mendukung tumbuh kembang dan melatihnya mengenal rasa serta tesktur makanan yang lebih beragam dan juga aman. Saat bayi sudah mulai memasuki siap makanan MPASI, untuk beberapa ibu yang baru pertama kali harus memikirkan apa MPASInya dan dilanda kebingungan. Memang menyiapkan resep MPASI tidak mudah untuk kita yang sudah dewasa, ada saja hal kemungkinan bayi menolak bahkan alergi terhadap bahan makanan tertentu. Namun tentu semua ibu mau berusaha yang terbaik untuk anak, berdoa terus ya bunda agar alergi dan anaknya tidak menolak makanan dan menyukainya.

MPASI pada usia 6 bulan ini lebih cenderung dihaluskan, menyerupai bubur cair dan masih diberikan berdampingan dengan ASI. Nah disini bunda tidak perlu pusing dan khawatir berikut ini kami akan memberikan menu-menu beragam, mulai dari bubur nasi, sayur, buah hingga ubi-ubian :

  1. Pure alpukat

Ini menjadi salah satu jenis makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan dengan memberikan pure buah alpukat. Jenis buah satu ini kaya akan kandungan lemak yang baik omega-3 dan nutrisi penting lainnya sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Bahannya :

Asi, 1 buah alpukat

Cara membuat :

  • Potong buah alpukat dan buang bijinya.
  • Haluskan dengan menggunakan blender hingga benar-benar lembut ya.
  • Lalu campurkan dengan ASI aduk rata berikan pada bayi.
  1. Pure buah papaya

Papaya kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan bayi. Kandungan yang terdapat berupa vitamin, mineral, dan antioksidan untuk kesehatan janin. Jangan lupa untuk berikan dengan rutin sebab tekstur buah yang satu inilebih mudah untuk di cerna dan ditelan oleh bayi. Bahannya :

Buah papaya, ASI

Cara membuat :

Haluskan buah pepaya dengan blander yang sudah dikupas hingga benar-benar halus.

Tambahkan ASI dan blander lagi hingga benar-benar kecampur dengan baik.

  1. Pure labu kuning

Selanjutnya berikan pure labu kuning yang kaya akan kandungan nutrisi bagi kesehatan bayi pada masa tumbuh kembang usia 6 bulan, bahannya :

Labu kuning, brokoli atau wortel, ASI

Cara membuat :

  • Bersihkan terlebih dahulu labu dan brokoli hingga benar-benar bersih.
  • Rendam dengan air garam beberapa saat dan cuci kembali.
  • Rebus labu hingga matang dan masukkan brokoli, biarkan keduanya hingga matang sempurna.
  • Haluskan dengan blender. Saring supaya teksturnya lembut dan berikan pada bayi.

Itu dia beberapa resep MPASI yang mudah anda lakukan dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk tumbuh kembang anak tercukupi dengan nutrisi dan gizi yang baik. Selamat mencoba.

Reply