Saat Ini Masih Perlukan Obat Cacing Anak

Saat Ini Masih Perlukan Obat Cacing Anak

Sebagai orangtua yang baik dan perduli, tentu kesehatan anak menjadi prioritas utama. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak adalah infeksi cacing pita. Di Indonesia sendiri infeksi cacing pita lebih dikenal dengan sebutan cacingan. Anda mungkin dianjurkan untuk memberikan obat cacing setiap 6 bulan sekali guna mencegah cacingan pada anak. Akan tetapi, perlukan anak minum minum obat cacing meskipun tidak menunjukkan gejala-gejala cacingan? Ini jawabannya.

Obat cacing diracik khusus untuk menghentikan pertumbuhan dan infeksi yang disebabkan oleh cacing pita. Cacing ini tinggal di usus anak dan bisa bertelur serta berkembang biak di dalam tubuh. Oleh sebab itu, perawatan rumahan saja tidak cukup untuk untuk memberantas cacing-cacing dalam perut anak.Akan tetapi, kadang sulit untuk mengenali gejala-gejala anak cacingan. Beberapa anak mungkin mengalami diare, mual, sakit perut, berat badan menurun, dan kehilangan nafsu makan yang terjadi hamper setiap hari. Namun, biasanya penyakit cacingan tidak diketahui sampai gejalanya jadi parah. Maka, dokter pun menganjurkan anak-anak untuk minum obat cacing, hanya untuk berjaga-jaga dan harus tetap merujuk ke dokter kembali jika gejala terus terjadi berulang kali.

Lalu apakah perluanak minum obat cacing?Banyak orangtua kemudian jadi salah sangka, mengira bahwa obat cacing itu seperti multivitamin atau suplemen. Padahal, obat cacing mengandung berbagai bahan kimia keras seperti obat flu atau obat infeksi lainnya. Ada efek samping yang mungkin muncul, tergantung pada produk obat cacing yang anda pilih.

Selain itu, obat cacing juga akan menyerap gula dari tubuh anak. Ini karena gula menjadi makanan cacing yang bersarang di tubuh. Akibatnya, anak yang tidak cacingan bisa saja mengalami gula darah rendah.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah cacingan pada anak:

  • Memasak daging sapi, kambing, ayam, atau ikan sampai benar-benar matang.
  • Mencuci bersih sayur dan buah-buahan sebelum dikonsumsi.
  • Hati-hati ketika jajan di luar, pastikan alat-alat makannya sudah dicuci bersih.
  • Rajin potong kuku.
  • Membiasakan cuci tangan dan kaki, terutama setelah bermain di luar.
  • Rutin periksa kesehatan ke dokter anak, apalagi kalau anak menunjukkan gejala cacingan.

Jadi memang sangat penting ya menjaga ke hieginisan makanan untuk disajikan ke keluarga terutama anak agar tidak terjangkit cacingan, selain itu memang juga penting memberikan anak obat cacing anak minimal satu tahun sekali untuk menghindari kasus cacingan terjadi pada anak anda. Tidak ingin kan anak anda cacingan? Yuk mulai hidup lebih sehat dengan tips-tips yang sudah kami bagikan tadi. Semoga bermanfaat.

Reply