Simak Berikut Cara Mengetahui Siapa Yang Tidak Subur Suami Atau Istri?

Simak Berikut Cara Mengetahui Siapa Yang Tidak Subur Suami Atau Istri

Mempunyai keturunan bagi pasangan yang baru saja menikah menjadi hal yang di tunggu-tunggu. Sangat penting ketika anda dan pasangan memutusan untuk menikah terlebih dahulu mengecek kesuburannya. Baik laki-laki maupun perempuan punya kemungkinan tidak subur atau bermasalah dalam hal kesuburannya lainnya. Maka, penting bagi pasangan yang sudah lama mengusahakan kehamilan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui siapa yang tidak subur.

Dan kali ini kami akan membahas pentingnya cara mengetahui siapa yang tidak subur suami atau istri, dengan demikian diharapkan anda mengecek ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang akan di berikan untuk meningkatkan kesuburanpun akan lebih tepat sasaran dan efektif. Andapun bisa mencoba mengecek sendiri siapa yang kira-kira tidak subur, dengan memerhatikan gejala dan tanda-tandanya. Simak berikut yang perlu anda ketahui dengan begitu anda tau dan bisa bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih terbaik.

Tidak subur dan mandul terbagi menjadi dua hal yang perlu anda ketahui, yang pertama tidak subur terjadi setelah pasangan suami istri mengusahakan kehamilan dengan berhubungan seks yang teratur tanpa alat kontrasepsi selama enam bulan hingga satu tahun tapi tidak membuahkan hasil, kedua kemandulan adalah ketidakmampuan untuk hamil atau menghamili, maka pasangan yang tidak subuh masih memiliki kesempatan untuk hamil dan melahirkan anak kandung. Simak berikut ini tanda-tanda tidak subuh pada wanita :

  1. Siklus menstruasi tidak teratur

Hitung dan catat baik-baik siklus menstruasi anda karena siklus yang tidak teratur bisa menandakan anda tidak subur. Anda perlu waspada kalau sikluas menstruasi anda terlalu lama (lebih dari 25 hari) atau terlalu cepat (kurang dari 21 hari) dan jika anda beberapa bulan terlewat tanpa haid.

  1. Menstruasi tidak wajar

Ketika anda mengalami siklus menstruasi tidak teratur anda bisa juga melihat sifat haid anda. Jika pada bulan kemarin haid ada deras dan beda dibulan sekarang anda memiliki kemungkinan tidak subur. Perhatikan juga jika haid anda merasakan nyeri yang berlebihan pada bagian-bagian yang sering sakit saat mestruasi.

  1. Keluarnya cairan seperti susu dari payudara saat tidak menyusui

Jika ini anda alami keluar cairan kental mirip air susu ibu yang berwarna putih, kemungkinan anda mengalami kelainan hormone yang menyebabkan anda tidak subuh.

  1. Rasa sakit ketika melakukan hubungan seks

Hal ini mungkin tidak terlalu di perhatikan karena anda menganggap remeh, namun ini salah jangan remehkan rasa sakit ketika melakukan hubungan intim. Hal ini bisa menandakan banyak hal yang berdampak pada kesuburan anda. Anda bisa jadi menderita penyakit radang panggul, fibroid rahim, atau sindrom ovarium polikistik. Dan ini berpotensi anda tidak subur.

  1. Usia di atas 35tahun

Meskipun anda sudah usia 35tahun ke atas masih memiliki kesempatan untuk hamil, kemungkinannya akan semakin mengecil. Ini disebabkan oleh sel telur yang mulai susah untuk dibuahi setelah anda menginjak usia 35tahun.

berikut ini tanda-tanda tidak subur pada pria :

  1. Masalah fungsi seksual

Perhatikan jika anda mengalami masalah pada fungsi seksual seperti hilangnya gairah seksual, dan jumlah sprema sedikit. Masalah ini bisa jadi pertanda anda inferil.

  1. Rasa sakit, benjolan, atau pembengkakan pada daerah testis

Ini salah satu tanda yang bisa dikenali dengan relative mudah apabila daerah testis terasa sakit, terdapat benjolan atau membengkak. Jika anda mengalami hal ini, ini mempengaruhi kualitas sperma anda.

  1. Masalah berat badan

Badan yang terlalu gemuk atau kurus bisa menjadi masalah bagi kesuburan anda. Ini berarti nutrisi didalam tubuh anda tidak seimbang sehingga kualitas sperma yang sedikit dan konsentrasi sperma yang rendah (encer) sedangkan pria yang terlalu gemuk dapat memiliki jumlah sperma yang sedikit dan kadar hormone testosterone yang rendah.

  1. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa menjadi salah satu penyebab kesehatan, motilitas, dan jumlah sperma yang kurang ideal, jika anda pernah memiliki sejarah terserang penyakit menular seksual, segera dapatkan pengobatan karena penyakit ini masih bisa di sembuhkan.

  1. Usia di atas 35tahun

Sama seperti perempuan, jumlah sperma pada pria akan semakin menurun jika anda mencapai usia 35tahun, namun anda masih tetap bisa mengusahakan kehamilan.

Itu beberapa pilihan yang tersedia bagi pasangan tidak subur untuk memiliki anak. Anda atau pasangan yang tidak subur bisa menjalani terapi kesuburan. Namun apabila perawatan belum berhasil juga anda dan pasangan bisa mencoba berbagai teknologi reproduksi berbantuan seperti injeksi sperma atau bayi tabung.

Reply