Simak Berikut Persiapan Penting Ibu Hamil Untuk Ikuti Puasa Ramadhan

Simak Berikut Persiapan Penting Ibu Hamil Untuk Ikuti Puasa Ramadhan

Bagi anda umat muslim yang sebentar lagi akan merayakan hari besar yaitu ramadhan, buat anda yang baru pertama kali mengandung tentu belum tau hal ini dan mencari tahu apakah baik puasa ramadhan selama kehamilan. Pada artikel kali ini kami juga akan membahas persiapan penting untuk ibu hamil yang hendak ikuti puasa ramadhan. Ibadah puasa berlangsung selama satu bulan penuh yang diharapkan anda bisa ikut serta.

Biasanya sebelum anda melakukan ibadah puasa anda di anjurkan untuk mengkonsumsi makan-makanan akan tinggi nutrisi agar kebutuhan anda tercukupi, sehingga ketika anda berkonsultasi ke dokter mengenai boleh atau tidak biasanya dokter akan menanyakan kembali kepada pasien apakah anda kuat menjalankannya? Nah simak berikut ini kami akan membahas persiapan penting yang harus dilakukan ibu jika ingin mengikuti puasa.

Pada kehamilan terbagi 3 bagian, yaitu trimester pertama, kedua dan ketiga. Tentunya di setiap tahapan akan ada keluhan yang berbeda-beda yang di rasakan pada ibu hamil. Untuk itu anda harus mengetahuinya agar tau seperti apakah persiapan yang wajib dilakukan oleh ibu hamil saat puasa tiba. Simak berikut ini informasi sederhana yang bisa anda ketahui :

  • Trimester pertama

Pada masa ini adalah 3 bulan pertama usia kehamilan seorang wanita. Pada trimester ini ibu hamil lebih merasa sangat banyak keluhannya. Namun ibu tetap harus nikmati jangan dijadikan stress ya karena ini berpengaruh tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Mual, dan muntah serta pusing ini yang sering dirasakan. Pada persoalan ini jangan biarkan kondisi perut kosong karena bisa kemungkinan anda nanti bermasalah pada lambung, contohnya sakit maag. Untuk itu pada usia ini tidak di anjurkan ibu hamil melakukan puasa karena akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

  • Trimester kedua

Pada trimester kedua gejala-gejala yang di timbulkan perlahan sudah mulai menghilang. Dan pada kondisi ini ibu hamil bisa di bilang sudah siap menjalankan ibadah puasa.

  • Trimester ketiga

Pada usia ini anda sudah siap menyambut calon bayi lahir kedunia, maka anda diperbolehkan menjalani kehamilan dengan baik. Namun tetap harus penting perhatikan asupan yang dimakan, ini demi tumbuh kembang bayi dan ibu yang sehat.

  • Tips apa saja persiapan yang penting yang harus dilakukan untuk menjalankan puasa?

Pertama jangan lupakan untuk periksakan ke dokter ini adalah langkah pertama yang dilakukan dengan baik. Karena bagaimanapun pengetahuan kita sudah banyak tentu tetap harus konsultasikan ke dokter. Dokter akan tau dan mempertimbangkan apakah anda bisa menjalankan puasa atau tidak.

  • Kedua lakukan cek ulang dipertengahan puasa

Tujuan ini dilakukan untuk memonitor kesehatan ibu dan janin, jika setelah di cek tidak didapatkan keluhan apapun maka puasa yang anda jalankan bisa dilanjutkan dengan baik.

  • Ketiga segera periksakan ke dokter saat alami keluhan

Keluhan pusing dan mual memang wajar di rasakan namun jika anda mengalami keluhan yang berlebihan segera konsultasikan ke dokter. Pada intinya anda harus sigap menanggapi masalah kecil kedokter jangan menggap remeh.

Kurangi aktivitas fisik selama puasa ibu hamil penting mengetahui hal yang penting dan yang perlu diperhatikan. Ketika anda sedang puasa tentu stamina tidak 100% untuk itu tetap menjaga dan mengurangi aktivitas jangan terlalu over ini untuk menjaga kesehatan ibu dengan baik.

Reply