Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan Yang Perlu Diketahui

Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan Yang Perlu Diketahui

Setelah berhasil melewati masa belajar penyesuaian terhadap bulan pertama dan kedua, maka bulan ketiga kali ini tidak boleh dilewatkan dan buat cerita anda dengan buah hati semenarik mungkin. Secara dari fisikpun sudah terlihat mulai besar dan menggemaskan. Dan kali ini kami akan membahasnya perkembangan bayi 3 bulan berikut ini :

Pertumbuhan fisik bayi

  1. Pada masa ini bayi usia 3 bulan semkain kuat terutama bagian otot leher dan kepala. Ketika anda membiarkan kepala bayi tegak sendiri maka bayi hanya perlu didukung gerakan tangan dari jauh saja.
  2. Otot bagian atas sudah semakin kuat terutama bagian tangan dan dada. Jika anda sudah mencoba membuat buah hati tengkurap maka si kecil sudah bisa menahan berat badan diperut. Ada beberapa bayi menggunakan tangan untuk mencoba bergerak.
  3. Kemampuan kaki untuk menendang dan melakukan gerakan yang keras semain baik.
  4. Bayi sudah bisa membuka dan menutup telapak tangan dengan baik terutama jika ada mainan atau benda menarik lainnya.
  5. Orang tuapun harus tetap menjaga dan mengawasinya karena rasa penasaran untuk memasuki benda kedalam mulutnya mulai di coba.
  6. Kemampuan merebut benda dan mainannya sudah bisa digerakan dengan baik.

Perkembangan emosi bayi

  1. Bayi sudah keluar dari tahap menangis karena bayi akan menangis sebentar. Jika bayi merasa senang dan geram bayi akan berteriak.
  2. Bayi sudah mulai mengenali orang asing ketika bertemu ada beberapa yang senang dan juga sedih.
  3. Bayi mulai terlihat memiliki keinginan tertentu dalam bermain, melihat berbagai hal di luar ruangan, bertemu dengan orang lain dalam satu rumah. Dan cara ini membantu kemampuan sosialisasi bayi.
  4. Sudah bisa menunjukkan ekspresi senang dan sedih. Dan anda bisa melatih kemampuan bayi dengan membacakannya dongeng dan buku cerita.

Adapun kebutuhan makan bayi usia 3 bulan

Jika pola makan bayi 0-12 bulan ini masih tergantung dengan ASI atau susu formula. Ketika bayi masuk di usia 3 bulan maka nutrisi yang sangat penting seperti protein, karbohidrat dan lemak dimana semua ini mendukung perkembangannya di usia 3 bulan. Baik organ tubuh dan perkembangan otaknya, menjaga system metabolisme tubuh membuat tubuh bayi bisa mendapatkan energy untuk bergerak. ASI yang paling tepat dalam memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. Jika tidak bisa memberikan ASI susu formula bisa anda berikan sesuai dengan usianya.

Tips merawat bayi usia 3 bulan

  1. Tetap berikan nutrisi yangpenuh agar lebih merasa nyaman saat bayi istirahat. Jika bayi sering nangis maka bisa menyebabkan penurunan berat badannya.
  2. Jika buah hati anda menangis berikan saja ASI karena bayi masih membutuhkan ASI atau susu formula sebagai asupan terbaiknya.
  3. Untuk mengembangkan kemampuan social bayi maka bayi anda bisa sering diajak keluar seperti berjalan-jalan dipagi hari. Bayi merasa lebih senang jika bertemu dengan objek alam dan menjadi metode untk mengenalkan berbagai warna yang nyata.
  4. Jika bayi sedang rewel atau moodnya tidak bagus anda sebagai orang tua bisa mengajaknya bermain.
  5. Bayi sangat sensitive dan memiliki banyak keinginan, dan jika bayi masuk tahap ini maka coba untuk sering memberikan kontak mata yang hangat. Ini sangat membantu bayi merasa lebih tenang. Walaupun buah hati anda baru bisa memberikan celotehan dan ucapan yang tidak jelas namun anda bisa mengajaknya berbicara akan mendukung perkembangan komunikasi bayi.
  6. Tetap perhatikan sisi keamanan bayi ketika sedang tidur atau bermain ya bunda.

Itu dia beberapa perkembangan bayi usia 3 bulan yang perlu diketahui semua orang tua. Tetap bijak dan berhati-hati awasi anak anda namun jangan melarangnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Reply