Tahap Perkembangan Janin 3 Bulan

Tahap Perkembangan Janin 3 Bulan

Anda dan suami anda adalah pasangan yang baru saja menikah dan bisa diberikan kepercayaan mempunyai keturunan dengan jangka waktu yang tidak lama, rasanya tidak terbayang senang, bahagia, terharu namun ketika anda dan suami sudah memutuskan untuk memiliki buah hati ditengah-tengah keluarga kecil anda pastinya segala sesuatu mulai harus dipersiapkan. Semakin bertambahnya usia kehamilan pastinya janin didalam kandungan semakin berkembang. Untuk anda ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan anak pertama tentu tidak mudah mulai beradaptasi dengan perubahan yang baru.

Dan kali ini kami akan membahas bagaimana perkembangan janin 3 bulan yang perlu semua ibu hamil ketahui. Karena usia kehamilan memasuki 3 bulan biasanya merupakan waktu dimana kehamilan bisa terdeteksi dengan tespek atau alat sensitive kehamilan. Pada usia kehamilan 3 bulan ini ibu hamil harus semakin menjaga kandungannya karena pada waktu dan usia ini tergolong kondisi yang sangat rentan dengan keguguran. Yang tadinya dikenal dan disebut embrio sekarang sudah bisa berubah menjadi sebutan janin karena tumbuh kembangnya semakin utuh dan nyaris sempurna. Ibu hamilpun semakin bisa merasakan pergerakan dan kehidupan yang sangat luar biasa didalam tubuh ibu.

Langsung saja kita bahas beberapa tahap perkembangan janin 3 bulan dimana tujuannya agar ibu hamil bisa mengetahui apakah janin didalam rahim berkembangkah sesuai dengan usia kehamilannya. Simak berikut ini :

  1. Janin usia 3 bulan pada minggu ke 9

Pada usia ini jika buah hati anda berjenis kelamin laki-laki sudah bisa dipastikan, nah jika perempuan masih belum bisa dipastikan. Bagian mulut dan hidungnya sudah terlihat cukup jelas. Tungkai dan lengannya sudah mulai terbentuk. Mulutnya sudah bisa menutup dan membuka, janinpun sudah belajar menghisap dan menelan secara bertahap.

  1. Janin usia 3 bulan pada minggu ke 10

Pada minggu ini jenis kelamin sudah terlihat dengan jelas. Otaknya pun berkembang dengan pesat sehingga mencapai kesempurnaan. Kaki kecilnya sudah bisa melakukan beberapa gerakan menendang dan bisa menekuk setengah kepalan.

  1. Janin usia 3 bulan pada minggu ke 11

Ukuran tubuh janin semakin bertambah mencapai sekitar 6,5cm. rambut, kuku tangan dan kaki sudah mulai tumbuh. Janinpun ternyata didalam rahim belajar loh belajar menguap, kencing, dan menelan cairan amnion di minggu ke 11 ini. Gerakan yang dirasakan sudah semakin banyak gerakan mulai dari menggeliat, meluruskan tubuhnya, menundukkan kepada dan berputar. Ibupun semakin bisa jelas merasakan pergerakannya.

  1. Janin usia 3 bulan pada minggu ke 12

Di minggu ke 12 ini ukuran tubuh janin semakin bertambah sekitar 8cm dengan bagian-bagian vitalnya yang sudah terbentuk. Janin sudah bisa mengalami cegukan tidak sedikit cegukannya namun bisa sampai 90x cegukan dalam 1jam. Tidak perlu dikhawatirkan ya bunda karena ini adalah hal yang normal dan bertujuan untuk memperkuat otot bagian pernafasan si kecil.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan lebih tentang pentingnya mengetahui perkembangan janin pada usia 3 bulan.

Reply