Tahap Perkembangan Janin Dari 1 Bulan Sampai 9 Bulan, Yuk Cari Tahu

Tahap Perkembangan Janin Dari 1 Bulan Sampai 9 Bulan, Yuk Cari Tahu

Pasti anda akan mengetahui perkembangan buah hati anda didalam kandungan dengan cara setiap control ke dokter kandungan, untuk anda peribadi ada beberapa wanita yang memang sudah faham ada yang belum. Untuk kamu wanita yang belum faham dengan tahap perkembangan calon buah hati anda sendiri, kali ini kami akan membahasnya perkembangan janin dari 1 bulan sampai 9 bulan dengan simple karena setiap calon ibu harus mengetahui tahapan demi tahapan tumbuh kembang buah hati agar ibu semakin bijak dalam menjaga tumbuh kembangnya, simak berikut ini :

  1. Usia 1 bulan kehamilan

Sel telur yang sudah dibuahi akan menjadi beberapa kumpulan sel dan melekat pada dinding rahim. Dan mulai berkembang terbentuk seperti udang. Dan pada usia ini tumbuh susunan saraf pusat serta jantung.

  1. Usia 2 bulan kehamilan

Pada usia 6 minggu > sudah mulai terbentuk tangan, kaki dan otak

Pada usia 7 minggu > otak dan mata sudah terbentuk

Pada usia 8 minggu > susunan telinga, mata dan mulut

Pada usia 10 minggu > jantung sudah bisa berfungsi dan terbentuknya paru-paru.

Adapun cara mengatasi keluhan yang terjadi saat hamil muda yaitu :

Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta kelancaran di kehamilan anda ini sampai nanti proses persalinan diberikan kemudahan dengan begitu perasaan ibu akan jauh lebih tenang. Hati-hati dengan pemberian obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengatasi keluhan anda selama masa kehamilan karena pada dasarnya ketika anda mengandung tidak boleh yang namanya sering mengkonsumsi obat-obatan.

  1. Usia 3 bulan kehamilan

Panjang embrio sudah mencapai 5cm dan berat 14gr. Mukanya pun sudah mulai berbentuk, hidung dan dagu sudah terlihat, kelopak mata dapat dibuka dan juga ditutup kembali, bibir mulai menghisap seperti bayi, kaki dan tangan terbentuk dengan baik, mulai bisa menggengam jari-jarinya, alat kelamin sudah terlihat.

Ibupun akan merasakan yang namanya mual muntah dan pusing, nafsu makan pun terganggu, lemas dan meriang. Namun keluhan yang terjadi pada ibu itu wajar dialami karena ini akibat ada dampak beberapa pergantian hormone kehamilan.

  1. Usia 4 bulan kehamilan

Pada usia 4 bulan ini tanpa di sadari ibu, si janin bertumbuh dengan cepat. Organya sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Kuku jari tangan dan kaki tumbuh. Di usia ini janinpun masih sangat terlihat bentuk tubuhnya karena belum ada susunan lemak didalam tubuhnya. Rambut halus pun sudah mulai tumbuh di semua badannya.

  1. Usia 5 bulan kehamilan

Pada perkembangan usia 5 bulan ini bayi semakin lebih cepat berkembang. Panjangnya sudah mencapai 13cm bagian tubuhnya sudah diselimuti dengan selaput putih sebagai perlindungan kulitnya. Rambut dan alis dan bulu matanya sudah tumbuh, indranyapun berkembang. Walaupun matanya belum terbuka dengan sempurna dan masih terpejam bayi bisa menangkap sinar yang jelas.

  1. Usia 6 bulan kehamilan

Pada usia ini system pencernaannya dan kekebalan tubuhnya semakin kuat. Bayi sudah bisa mengeluarkan air seninya tanda bahwa system pencernaannya sudah bekerja. Ia pun dapat mengontrol gerak badannya dan ibupun dapat merasakannya, terutama jika anda sedang beristirahat namun bayi anda belum bisa beristirahat alias masih sangat aktif.

  1. Usia 7 bulan kehamilan

Di usia ini semakin cepat tumbuh kembang buah hati anda, otaknya sudah berkembang dengan cepat, panjang janinpun sudah 35-38cm dan beratnya 1250gr. Janin sudah bisa tutup dan buka matanya. Posisi janin didalam kandungan ibu sudah jauh berubah dari usia sebelumnya, posisi kepala dibawah, organ badan mulai prima dan kuat. Berta janin semakin tumbuh dengan cepat. Kini bayipun semakin siap untuk dilahirkan ke dunia.

  1. Usia 8 bulan kehamilan

Gerakan bayi didalam perut pada usia ini semakin terkordinasi, ia dapat membuka dan menutup matanya dengan sering dan sudah bisa merasakan manis dan asam. Kepala bayi sudah berada di bawah, semakin siap untuk dilahirkan namun ini posisi tidak tetap sewaktu-waktu bisa berubah.

  1. Usia 9 bulan kehamilan

Pada usia 9 bulan ini bayi semakin siap dilahirkan ke dunia. Susunan lemak di dalam tubuhnya sudah mulai tumbuh dibawah kulitnya, sehingga membuat si bayi mulai berisi, dan memberikan cadangan energy untuk dipakai ketika ia sudah dilahirkan.

Semoga artikel ini membantu anda menambah wawasan pentingnya mengetahui tahap perkembangan usia 1bulan-9 bulan. Semangat terus ya bunda semoga diberikan kelancaran sampai persalinan tiba.

Reply