Tahapan Melahirkan Normal, Beginilah Prosesnya

Tahapan Melahirkan Normal, Beginilah Prosesnya

Melahirkan normal adalah salah satu impian semua wanita yang sedang mengandung. Namun ada beberapa juga wanita yang menginginkan buah hatinya lahir dengan sesar, tergantung setiap ibu yang mengandung. Ketika usia kandungan anda semakin dekat dengan persalinan pastinya sebagai ibu yang normal akan merasakan deg-degan campur aduk dan juga bahagia selama 9 bulan didalam kandungan akhirnya buah hati anda akan segera launching. Rasa kontraksi yang akan dialami ibu ketika ingin melahirkan akan dilewati tahap demi tahap. Kuncinya bersabar dan semangat ya bunda.

Disaat sudah saatnya buah hati anda dilahirkan tubuh dengan cara alami akan memberi jalan keluar untuk bayi. Otot-otot disekitar jalan keluarnya bayi semakin merenggang sehingga bayipun akan melewatinya. Berikut ini kami akan mengulasnya tentang tahapan melahirkan normal begitu dengan prosesnya :

  1. Tahap pertama

Selama kehamilan serviks atau leher rahim dan saluran tempat jalan keluarnya bayi dari rahim menuju vagina masih tertutup yang dipenuhi dengan lendir yang bertujuanan untuk menjaga agar tidak terinfeksi. Pada tahap pertama persalinan ini kontraski akan membuat serviks terbuka dengan cara bertahap. Serviks mulai melenturkan hingga dapat terbuka dan melebar sampai 10cm. ini merupakan tahapan yang lama karena bisa mencapai berjam-jam. Fase dimana serviks mulai terbuka dan ini biasanya disebut dengan fase laten. Pada fase ini anda akan merasakan kontraksi dan kadang juga tidak. Pada fase ini sebaiknya untuk anda mempersiapkannya anda sebaiknya makan dan minum terlebih dahulu agar anda bisa mendapatkan energi yang akan dipakai saat persalinan. Jangan panic dan tetap rileks ya bunda apapun yang terjadi demi lancarnya proses persalinan anda. Ada bagusnya lagi anda gunakan waktu istirahat walau hanya sebentar saja dan itu kalau bisa. Bergeraklah dengan aktif namun tetap dalam dukungan suami dan bidan-bidan disana ini membantu bayi anda turun ke bawah rahim dan membuat serviks untuk melebar.

  1. Tahap kedua

Persalinan akan berlangsung dari serviks terbuka sampai bayi anda lahir. Anda akan mendorongnya sampai vagina dan bagi akan anda akan lahir. Disinilah pengorbanan ibu sudah dimulai. Ketika serviks sudah terbuka sepenuhnya bayi anda akan bergerak mendorong tubuhnya ke jalan lahir (vagina), yaitu tempat keluarnya bayi. Anda akan mengeden agar bayi terdorong dan mungkin akan terasa seperti anda ingin buang air besar. Kontraski yang membuat anda ingin mengeden semakin anda rasakan. Biarkan tubuh anda mengeden sebagai respon terhadap dorongan bayi. Tarik nafas pelan-pelan lalu ngeden. Memang kalau dibayangkan pasti rasanya tidak enak itulah pengorbanan ibu bisa sampai seperti itu. Jangan khawatir andapun tidak sendiri berusaha mengeluarkan bayi anda namun buah hati andapun juga membantunya dengan mendorong tubunya keluar.

Ketika kepala buah hati anda sudah muncul dokter akan meminta anda untuk berhenti mendorong dan mengambil nafas. Agar semakin kuat dorongan anda untuk melahirkan dengan perlahan.

  1. Tahap ketiga

Bayi lahir ketika uterus berkontraksi setelah proses melahirkan dan plasenta keluar melalui vagina. Ada 2cara yaitu cara aktif dimana membutuhkan setidaknya tindakan medis dan yang kedua cara fisiologis ketika tahap ini terjadi secara alami dan anda tidak membuthkan tindakan untuk proses ini.

Cara aktif anda akan disuntik agar membuat plasenta keluar. Anda tidak perlu mengeden karena obat akan merangsang kontraski dan dokter akan menarik plasenta keluar dengan cara perlahan. Pada cara alami plasenta akan keluar dari melalui vagina.

Semoga artikel dari kami membantu dan bermanfaat untuk anda calon ibu yang pasti tidak sabar menunggu buah hati dilahirkan. Jangan takut dan khawatir ya tetap optimis untuk melahirkan normal.

Reply