Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini

Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini

Zaman sekarang yang serba maju ini menuntut anda untuk aktif memantau perkembangan anak, dan itu merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Peran orangtua dalam tahapan perkembangan anak juga menjadi hal yang sangat penting. Proses tahap perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor genetik dan lingkungan. Kebutuhan dasar yang diperlukan oleh anak seperti nutrisi, imunisasi, stimulasi, tidur cukup dan aktivitet bermain, harus tercukupi.

Setiap tumbuh kembang anak khususnya di usia dini haruslah diperhatikan dengan baik, hal ini bertujuan agar orangtua bisa memantau setiap perkembangan yang terjadi pada buah hati. Selain itu jika dirasa ada hal yang kurang benar dengan tahap perkembangan anaknya maka orangtua bisa melakukan konsultasi pada dokter khusus anak. Karena ini sangatlah penting untuk tumbuh kembang sang anak yang sedang dalam masa tumbuh kembangnya.

Ada beberapa tahapan yang harus diketahui dan dipahami pada proses pertumbuhan juga perkembangan anak khususnya di usia dini. Berikut adalah  tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak atau aspek perkembangan anak usia dini yang harus anda ketahui:

  • Pertumbuhan dan perkembangan fisik

Tahapan perkembangan anak dan pertumbuhan anak salah satunya meliputi bentuk tubuh atau fisik. Untuk tahapan pertumbuhan dan perkembangan, hal ini bisa dilihat langsung oleh mata kita sendiri. Beberapa pertumbuhan dan perkembangan ini terjadi pada tubuh anak dimana berat badannya semakin bertambah, tinggi badan semakin bertambah, dan yang lainnya sedang mengalami pertambahan ukuran.

  • Perkembangan motorik

Ada dua perkembangan motorik yang perlu diketahui, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Untuk motorik kasar yang dimaksud disini adalah gerakan tubuh, hal ini dilakukan dengan menggunakan otot besar atau seluruh tubuh. Salah satu contoh motorik kasar yaitu berguling, duduk, telungkup, naik turun tangga, melompat, dan sebagainya. Sementara untuk motorik halusnya yaitu gerakan tubuh yang menggunakan otot halus dan dilakukan oleh sebagian anggota tubuh tertentu. Contoh motorik halus yaitu memindahkan benda dari tempat satu ketempat lain, menggunting, menggenggam benda, dan lain sebagainya.

  • Perkembangan bahasa anak

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak yang lainnya yaitu perkembangan bahasa. Kemampuan berbahasa anak ini menjadi salah satu indikator dan tumpuan dari seluruh perkembangan anak yang terjadi. Mengapa disebutkan demikian? Karena dari kemampuanberbahasa Si Kecil, anda bisa mengetahui keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan yang lainnya seperti sensori motor, psikologis, emosi, kognitif, dan lingkungan sekitarnya.

  • Perkembangan psikososial

Untuk perkembangan anak yang satu ini meliputi aspek psikologis. Contohnya yaitu emosi anak, perkembangan diri pribadi, motivasi, hubungan anak dengan lingkungan dan dengan orang disekitarnya. Dalam hal ini, perkembangan Si Kecil juga sudah mulai dilihat dari pembelajaran tanggung jawab serta pengendalian emosinya.

Sekali lagi jadi sangatlah penting bagi orangtua dapat dengan baik memantau perkembangan anak di usia dinidengan tepat waktu sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh anak di masa yang akan dating. Semoga bermanfaat dan dapat memperluas wawasan anda tentang Tahapan perkembangan anak usia dini.

Reply