Tanda-Tanda Melahirkan Anak Kedua Yang Harus Di Ketahui

Tanda-Tanda Melahirkan Anak Kedua Yang Harus Di Ketahui

Setiap kehamilan yang dirasakan seorang ibu, mulai dari anak pertama, kedua, ketiga dan seterusnya tentu mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda mulai dari yang unik sekalipun. Dan kali ini kami akan membahasnya tanda-tanda melahirkan anak kedua yang belum pernah anda alami atau mungkin anda sedang menjalani program kehamilan anak kedua, simak berikut ini :

  1. Posisi bayi melorot ke bawah

Pada posisi ini semakin dirasakan bayi melorot ke bawah mendekati jalan keluar. Pada posisi seperti ini mengakibatkan perut bagian atas ibu akan merasa kosong, dan pada bagian bawah terasa semakin kencang. Nah hal ini juga menandakan bahwa bayi anda sudah siap untuk dilahirkan.

  1. Usus besar ikut kontraksi

Saat waktu mendekati kelahiran anak kedua, ternyata bukan hanya bagian rahim saja yang mengalami kontraksi namun usus besar ikut kontraksi. Mengapa demikian? Hal ini terjadi dikarenakan pada bagian dalam tubuh ibu terjadi peningkatan hormone prostaglandin yang menyebabkan dinding usus mengalami tegang dan menimbulkan rasa sakit yang dialami ibu hamil.

  1. Nyeri pinggul dan pinggang

Ini terjadi terus menerus nyeri pinggul dan pinggang pada akhir trimester yang merupakan tanda awal bayi akan segera dilahirkan ke dunia.

  1. Keluar air ketuban dengan tiba-tiba

Perlu diketahui pecahnya ketuban yang disertai dengan keluarnya cairan dalam jumlah yang banyak ini merupakan tanda bahwa bayi dalam kandungan harus segera dilahirkan karena resiko meninggalnya bayi dapat dihindari dan keselamatan bayi akan aman.

  1. Suhu tubuh akan meningkat

Disaat usia kehamilan sudah mendekati masa persalinan/trimester akhir hanya tinggal menghitung hari lagi, pada kondisi ini normal suhu tubuh ibu akan mengalami peningkatan. Perubahan suhu badan yang drastic ini biasanya dialami ketika ibu akan melahirkan anak kedua.

Itu dia beberapa tanda-tanda melahirkan anak kedua yang perlu diketahui semua calon ibu yang akan merencanakan promil anak kedua. Semoga diberikan kelancaran, dan artikel ini memberikan manfaat untuk ibu yang mencari informasih seputar kehamilan anak kedua.

Reply