Telat KB Suntik Apakah Yang Terjadi?

Telat KB Suntik Apakah Yang Terjadi

Untuk yang belum mengetahui apa itu KB suntik yaitu salah satu metode atau cara kontrasepsi yang melibatkan keseimbangan hormone didalam tubuh. KB suntik tidak perlu dilakukan setiap hari tentu KB suntik lebih praktis. Cukup anda pergi ke dokter kandungan dan anda melakukan suntik KB yang akan memberikan efek mencegah kehamilan sepanjang 12-13 minggu kedepan. Namun pada kenyataannya ini tidak lebih praktis karena rata-rata para pengguna suntik KB akan beralih kea lat kontrasepsi lain karena sering merasakan lupa kapan terakhir suntik KB bahkan ada beberapa pasangan suami istri yang memang lupa sampai akhirnya mempunyai anak kembali/bahasa lain kebobolan.

Namun ada juga beberapa pasangan yang telat suntik KB namun tidak ada efek apapun. Simak berikut ini apakah bisa hamil jika terlambat suntik KB apa yang akan terjadi?

KB suntik jenis kontrasepsi yang efektif memang untuk mencegah kehamilan ketika suami istri melakukan hubungan. Suntikan ini tidak berlaku seumur hidup, tidak permanen. Bagi suami istri yang ingin mencegah kehamilan maka setiap 12 minggu sekali atau 3 bulan sekali, dalam waktu 12 minggu, suntikan KB akan bekerja dengan menghentikan proses ovulasi/pelepasan sel telur. Jika sperma yang masuk maka tidak akan bertemu dengan sel telur dan kehamilan pun tidak terjadi.

Dan selama 12 minggu ini menyebabkan lendir dibagian serviks akan menebal dan sperma tidak bisa masuk lebih jauh kedalam rahim. Suntikan ini juga akan menipiskan dinding rahim, sehingga dinding rahim tidak akan dijadikan sebagai proses embrio. Kalaupun memang terjadi pembuahan maka embrio tidak dapat hidup didalam rahim dan kehamilanpun tidak akan terjadi. itu dia cara suntik KB terjadi dan memang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun ada beberapa efek yang bisa terjadi yaitu menstruasi tidak teratur, nafsu makan meningkat, sakit kepala, berat badan naik, peningkatan tekanan darah, dan pengeroposan tulang. Untuk itulah suntik KB harus tetap dalam pengawasan dokter/bidan.

Apakah jika telat suntik KB apakah bisa terjadi kehamilan? Kehamilan mungkin bisa untuk terjadi. namun akan terjadi setelah anda melakukan hubungan intim dengan pasangan anda. Anda bisa hamil setelah 3-4 bulan tidak mendapatkan suntik KB saat sejak terakhir anda di suntik. Namun setiap wanita berbeda-beda bahkan ada yang belum disuntih sampai 1-2 tahun tidak hamil-hamil. Jika sudah lebih dari 3-4 bulan suntikan sudah tidak beraksi atau bekerja lagi dan kehamilan mungkin saja bisa terjadi.

Untuk itu sangat di sarankan jika suntikan KB anda sudah habis segeralah kedokter atau kebidan dan ingat kembali baik-baik jadwal suntik anda agar mencegah terjadinya kehamilan. Dokterpun akan menyarankan anda untuk melakukan tes kehamilan jika memang sudah terlambat 2 minggu tidak suntik KB dan jika memang anda sudah melakukan hubungan bersama suami anda.

Apa yang sebaiknya dan harus dilakukan jika lupa suntik KB?

Anda bisa menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi sebagai pelindungan sampai anda benar-benar memastikan kapan terakhir kali anda suntik KB. Untuk itu mencatat dan membuat hidup anda lebih displin itu tidak pernah salah dan memang bermanfaat. Jika anda dan pasangan ragu dan takut terjadi kehamilan sebaiknya tunda dulu melakukan hubungan intim sampai anda melakukan suntik KB selanjutnya di dokter kandungan. Adapun cara lain jika anda sudah terlanjur berhubugan intim dengan suami tanpa kontrasepsi pilihan lainnya yaitu pil kontrasepsi darurat ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Waktu paling lama 5 hari setelah melakukan hubungan intim. Jika anda semakin menunda meminumnya maka kemungkinan besar kehamilan akan terjadi.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal penting sekali membuat jadwal berikutnya anda harus suntik KB. Jika anda tidak sempat mencatatnya di kalender anda bisa bisa catat di hp dan buat sebagai peringatan kapan anda harus suntik KB lagi. bahkan sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi canggih yang memang bisa mengatur kapan terakhir anda suntik. Atau anda bisa memberitahukan pada orang terdekat seperti suami anda sendiri untuk mengingatkan kapan anda harus suntik KB. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda sebagai istri untuk lebih bijak dalam memperhatikan kapan waktu anda harus suntik KB.

Reply