Tetap Optimis Meski Menderita Penyakit Jantung Saat Hamil

Tetap Optimis Meski Menderita Penyakit Jantung Saat Hamil

Jantung merupakan organ utama bagi tubuh manusia. Jantung merupakan organ yang memompa oksigen yang kita butuhkan agar dapat beraktifitas dengan baik. Mungkin kalian pernah mendengar mengenai jantung lemah. Dimana ada beberapa orang memiliki penyakit jantung lemah sehingga tidak dapat beraktifitas dengan berat seperti berlari, melompat, dan hal lainnya yang dapat memicu jantung mengalami tekanan. Maka dari itu, mulailah merawat jantung kita dengan pola hidup yang sehat pula. Namun, bagaimana dengan wanita yang tetap optimis meski menderita penyakit jantung saat hamil ?

Penyakit jantung dapat dikelola selama masa kehamilan tentunya dengan persiapan yang matang seperti kesiapan fisik, mental, psikis, serta cek kesehatan oleh tim medis untuk memantau perkembangan kesehatan ibu hamil tersebut. Dengan perawatan yang khusus, calon ibu dapat meningkatkan peluang kehamilan yang sehat. Salah satu contohnya adalah volume plasma dan curah jantung yang meningkat hingga 50% pada trimester ketiga. Selanjutnya pada proses persalinan, peningkatan volume darah akan beresiko meningkat lagi dan akan membuat beban energy saat ibu mengedan yang akan membuat kerja jantung meningkat. Penyakit jantung ini ditandai dengan sesak napas  atau merasakan sakit pada bagian dada seketika. Maka dari itu kami akan memberitahukan apa saja cara-cara yang bisa anda lakukan ketika menderita penyakit jantung saat hamil.

Hal pertama yang wajib sekali kalian lakukan adalah pergi mengunjungi dokter untuk berkonsultasi pada mereka. Nanti dokter akan memeriksa anda secara seksama dan akan melakukan tindakan setelah hasil pemeriksaan. Berkonsultasilah serutin mungkin agar kalian mengetahui perkembangan diri anda saat kehamilan. Setelah itu jagalah pola makan anda sesehat mungkin agar kondisi jantung dan buah hati kalian tetap terjaga.

Kalian bisa mengonsumsi buah-buahan serta sayuran yang memiliki asupan nutrisi dan vitamin yang baik untuk jantung dan janin. Hindari makanan junkfood pula. mengatur waktu sebaik mungkin untuk menyisakan waktu istirahat untuk diri anda terlebih bagi kalian yang memiliki permasalahan pada jantung anda, ini juga menjadi alasan ibu hamil disarankan untuk melakukan cuti kehamilan jika sedang bekerja atau jam kerjanya dikurangi daripada pekerja yang lain. Istirahatlah jika kalian sudah merasa keletihan dan kelelahan karena jika tidak, kondisi ini akan membebani jantung seperti sesak, sirkulasi darah oksigen yang berkurang.

Terakhir adalah persiapan pemberian ASI untuk membantu menyusutkan lemak dibagian perut sehingga menurunkan resiko penyakit jantung yang umum. tetap optimis meski menderita penyakit jantung saat hamil karena dengan hidup dengan pola yang sehat, anda akan terhindar dari hal-hal yang buruk yang akan menimpa anda dan juga calon buah hati. Semoga artikel ini membantu kalian dan selamat menunggu kehadiran calon buah hati.

Reply