Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil adalah hal yang wajar dan normal di alami ibu hamil. Bahkan nyaris semua tubuh mengalami pembengkakan namun jangan berfikir yang aneh-aneh ya. kondisi ini terjadi karena ketika hamil seorang wanita mengalami perubahan kadar hormone. Pelepasan hormon-hormon selama masa kehamilan dapat memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan sodium / garam. Dalam bahasa medis pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tangan dan lengan disebut peripheral edema. Ini terjadi kerusakan atau peningkatan tekanan pada pembuluh darah kaplier, akibatnya cairan merembes dari kapiler ke dalam jaringan organ di sekitarnya, sehingga terjadi bengkak di area tersebut.

Dan kali ini kami akan membahas tips mengatasi kaki bengkak saat hamil, simak berikut ini cara yang bisa anda lakukan :

  1. Ketika duduk atau tidur, ganjal kaki dengan bantal, tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah.
  2. Umumnya edema menimpa mereka yang kurang berolahraga, oleh karena itu ibu hamil di sarankan untuk rutin berolahraga ringan seperti berenang atau berjalan kaki.
  3. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
  4. Sebaiknya hindari suhu panas, baik itu mandi dengan air panas, atau terpapar sinar matahari. Namun jika anda merasa dingin boleh menggunakan pakaian hangat.
  5. Hindari terlalu keras bekerja secara fisik.
  6. Kurangi penggunaan garam pada masakan. Mengkonsumsi makanan yang asin dapat memperparah edema.

Kaki bengkak saat hamil juga perlu di waspadai, terutama jika diikuti oleh gejala-gejala seperti sulit bernafas, sakit kepala yang berat, muntah, nyeri hebat pada perut bagian atas, serta gangguan pengelihatan. Jadi tetap periksakan rutin kandungan kedokter untuk memantau kesehatan ibu dan janin. Jika setelah di periksa mengalami kondisi serius lainnya segera minta penanganan yang tepat. Semangat dan tetap sehat ya.

Reply