Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Berbagai keluhan dirasakan ketika ibu sedang menjalani kehamilan. Salah satu keluhan yang umum dirasakan ialah perut kembung. Perut yang terasa kembung dan begah memang cukup sering dikeluhkan ibu hamil. Maka penting untuk mengetahui tips mengatasi perut kembung saat hamil.

 

Kembung biasanya makin sering terasa seiring bertambahnya usia janin. Meskipun memang bukan kondisi yang mengkhawatirkan, namun jika dibiarkan terus menerus tentu saja akan membuat ibu merasa tidak nyaman. Maka alih-alih menyepelekannya memang lebih baik untuk diatasi. Perut kembung sebenarnya bisa dialami oleh siapapun bahkan bayi yang baru berusia beberapa bulan saja bisa mengalaminya.

 

Pada kasus ibu hamil sendiri, perut kembung yang diakibatkan penumpukkan gas biasanya akan semakin meningkat seiring bertambah besarnya kandungan. Tidak jarang hal ini membuat ibu stres. Perut kembung sendiri merupakan kondisi dimana perut terasa penuh atau begah dan kencang. Saat kembung, ukuran perut biasanya lebih membesar karena penumpukkan gas didalamnya. Gas dalam perut seharusnya dikeluarkan melalui proses buang gas atau yang dikenal dengan istilah kentut. Normalnya, manusia buang gas sebanyak 14-40 kali/hari. Pada ibu hamil, buang gas biasanya terjadi lebih sering dari ibu hamil.

 

Tingginya gas yang ada dalam perut ibu memicu kentut yang lebih sering daripada orang normal. Meskipun memang bukan masalah besar, namun tentu saja ini mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri ibu. Misalnya saja jika ibu hamil masih aktif bekerja. Keluhan kembung yang menyebabkan seringnya buang gas tentu menjadi masalah tersendiri. Lalu apa sebenarnya penyebab perut kembung yang sering dialami oleh ibu hamil?

  • Penyebab perut kembung pada ibu hamil ialah adanya bayi yang menekan perut karena bayi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Ini membuat pencernaan ibu lebih lambat dalam bekerja sehingga terjadi penumpukkan gas dalam perut.
  • Meningkatnya hormon progesteron juga bisa menjadi penyebab perut kembung pada ibu hamil. Hormon ini menyebabkan otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks sehingga otot sistem pencernaan pun lambat dalam menjalankan fungsinya dalam mencerna makanan dan mengelola sisa-sisa yang harus dibuang.

 

Berikut adalah tips mengatasi perut kembung saat hamil:

  • Cegah perut kembung dengan menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu timbulnya gas seperti kol, brokoli, sawi, kubis, kacang-kacangan, biji-bijian, produk olahan susu, makanan olahan, daun bawang, pir, makanan berlemak, gorengan, bawang bombay, sampai minuman bersoda. Makanan berlemak atau berminyak harus dihindari karena akan memperlambat kerja sistem pencernaan. Sehingga memicu penumpukkan gas diperut.
  • Hindari makan atau minum sambil berdiri. Makan dan minumlah sambil duduk agar tidak ada ruang untuk penumpukkan gas. Selain itu, ini juga bisa menghindarkan perut dari sesak dan tergencet.
  • Makanlah dalam porsi yang sedikit-sedikit. Kunyahlah dengan benar makanan yang dikonsumsi untuk memudahkan proses pencernaan. Kemudian, hindari makan dengan tergesa-gesa karena bisa menyebabkan ibu menghirup udara berlebih yang akhirnya menumpuk menjadi gas dalam perut.
  • Hindari makan langsung dalam porsi besar terutama setelah perut dalam kondisi kosong setelah beberapa lama. Saat perut kosong, bisa saja terjadi penumpukkan gas dan asam lambung. Jika diisi dengan makanan dalam porsi banyak secara tiba-tiba maka sulit untuk sistem pencernaan bisa mencernanya dengan baik. Hal ini pada akhirnya bisa memicu terjadinya perut kembung.
  • Hindari makan yang diselingi dengan minum yang sering karena saat minum bisa saja udara dari luar terdorong kedalam perut dan memicu perut kembung.

 

Gas adalah material yang membuat perut kembung. Gas muncul ketika bakteri yang ada dalam usus besar memecah makanan yang tidak dapat diserap. Selain dari proses mencerna makanan, gas bisa saja timbul dari luar tubuh misal saat ibu menghirup udara. Gas seharusnya keluar melalui sendawa atau kentut. Namun ketika sistem pencernaan tidak berhasil mengelola makanan dan sisanya dengan baik maka terjadilah perut kembung. Sebaiknya ibu menghindari hal-hal yang bisa memicu perut kembung. Namun jika sudah terlanjur mengalaminya, maka bisa mencoba tips mengatasi perut kembung saat hamil diatas untuk membuat perut lebih nyaman.

Reply