Wajarkah Dialami? Apakah Normal Ibu Hamil Seringkali Berkeringat?

Wajarkah Dialami Apakah Normal Ibu Hamil Seringkali Berkeringat

Ketika kehamilan semakin berkembang seringkali anda akan mengalami keluhan-keluhan yang menggangu aktivitas anda. Perut yang semakin membesar membuat anda tidak nyaman ditambah dengan kondisi cuaca yang panas sehingga anda sering mengeluarkan keringat. Pada beberapa ibu hamil sering mengalami keringat berlebih padahal tidak melakukan aktivitas yang berat, simak berikut ini yang akan kami bahas, yaitu apakah normal kondisi ibu hamil mengeluarkan keringat berlebih?

Ketika ibu hamil tidak melakukan aktivitas dan mencoba untuk tetap tenang akan tetapi keringat tetap bercucuran sehingga ini menggangu rasa percaya diri anda. Yang mau kita bahas kali ini apakah normal ibu mengalami kondisi ini? Pada dasarnya keringat merupakan proses yang alamiah untuk menjaga suhu tubuh anda sehingga tidak mengalami kepanasan. Walaupun demikian bagi ibu hamil yang seringkali mengalami keringat berlebih ada beberapa yang sangat menggangu rasa percaya diri anda, simak berikut penyebab yang mungkin anda alami :

  1. Terjadinya peningkatan aliran darah ke dalam kulit yang dapat mengakibatkan ibu hamil merasakan lebih hangat. Hal ini dapat merangsang kelenjar keringat untuk menstabilkan suhu tubuh.
  2. Hormone progesterone bersifat thermogenik yang dapat menyebabkan hawa yang panas. Sehingga peningkatan hormone progesterone dan mengakibatkan pembuluh darah kecil pada kulit yang terbuka lebar dan ibu hamil mengalami kepanasan.
  3. Usia kehamilan yang semakin bertambah dan ini mempengaruhi keringat anda yang semakin banyak.

Keringat yang berlebih pada ibu hamil dapat menyebabkan kondisi yang tidak menyenangkan, apalagi jika ibu hamil sudah mengalami yang namanya tidak percaya diri harus pergi kemana-mana dan keringetnya sedang tidak bersahabat.

Simak berikut ini beberapa pencegahan yang dapat anda lakukan apabila keringat berlebih selama kehamilan :

  1. Gunakan pakaian yang longgar dan nyerep keringat agar memberikan kenyamanan.
  2. Hindari berada diruangan yang sempit karena akan membuat anda semakin kepanasan
  3. Hindari makanan pedas yang dapat memicu keluarnya keringat berlebihan
  4. Kurangi stress, seringkali terjadi hubungan antara produksi keringat berlebih dengan stress sehingga untuk mengurangi stress maka anda dapat mengontrol factor-faktor yang menyebabkan stress.

Walaupun keringat berlebihan pada ibu hamil seringkali menggangu dan memberikan ketidaknyamanan namun ini wajar saja terjadi terlebih lagi ibu hamil dengan usia kehamilan yang semakin bertambah bagi anda yang mengalami keringat yang berlebih dan mengalami kram kaki disebabkan karena berkurangnya garam mineral saat sedang berkeringat maka anda dapat menggantikan dengan zat-zat yang hilang dengan mengkonsumsi cairan tambahan. Hal paling ampuh dilakukan konsumsi air putih 8 gelas dan jangan lupa dibarengin dengan minum jus yang kaya akan serat dan menghindari sembelit.

Reply