Waktu Paling Tepat Bayi Boleh Diberikan Ikan

Waktu Paling Tepat Bayi Boleh Diberikan Ikan

Setiap kondisi bayi tentunya berbeda-beda. Sama halnya ketika anda memberikan makanan pendamping ASI atau yang sering disebut MPASI saat pertama kali bayi mengenali makanan yang masuk kedalam mulutnya. Nah ada bayi yang dapat menerima langsung dengan tekstur dan rasa yang baru adapula yang membutuhkan waktu adaptasi sehingga seringkali bayi menolak.

Ketika anda sebagai orang tua harus memperhatikan MPASI tentu anda juga harus perhatikan bahan makanan pada bayi baik dari kebersihan, kehigeinisan, tekstur dan juga rasa. Pada saat pertama kali anda memperkenalkan MPASI sayuran yang bagus pada awal anda kenalkan karena dengan rasa yang tawar akan lebih sulit diterima bayi ketimbang buah-buahan namun jangan lupakan berikan dengan bertahap seperti yang diberitahukan pada arikel sebelumnya.

Ketika bunda mulai MPASI pada anak disitu bunda harus super menjaga buah hati dengan penuh ketelatenan. Anda harus memantau dan membuat catatan kecil menu makanan bayi anda sehingga apabila anak anda mengalami alergi dapat dipantau dari mana sebabnya. Biasanya ini disebabkan dari kacang-kacangan, telur, susu dan ikan. Untuk mengurangi resiko alergi pada bayi lalu kapan waktu yang tepat bayi boleh diberikan ikan? Simak berikut ini :

Anda dapat mengenalkan ikan pada saat pemberian makanan padat pertama, jenis ikan yang bisa dipakai ikan salmon, ikan tuna, atau sarden yang memiliki kandungan omega 3 pada bayi dan ini sangat bermanfaat untuk bayi. Ikan mengadung vitamin D yang baik bagi pertumbuhan tulang anak. Bayi dapat mendapatkan 300mg DHA dalam satu hari dari ASI atau tambahan ikan sebanyak 2ons seminggu.

Walaupun ikan baik untuk anak anda namun tidak semua anak bisa menerima makanan pendamping ASI dengan menu ikan satu ini. Jika anak anak tidak mengalami alergi bisa dilanjutkan saat pemberian ASI. Ikan air tawar atau beberapa ukan laut seperti salmon, sarden atau tuna baik dikenalkan pada anak bunda karena kandungan merkuri yang rendah. Berbeda dengan seafood yaitu kerang, cumi-cumi atau udang dapat anda kenalkan apabila anak anda sudah berusia 1 tahun.

Anda tidak perlu merasakan ragu ketika anak anda sudah berusia 6 bulan karena ikan merupakan nutrisi yang penting. Kandungan gizi didalam ikan akan membantu dalam perkembangan otak yang optimal. Selain itu ikan dapat memberikan manfaat untuk mempertajam pengelihatan bahkan dalam penelitian menunjukan bahwa ikan akan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak anda.

Itu dia beberapa hal yang bisa kami jelaskan. Dengan demikian diharapkan anda yang masih cemas ketika harus mengenalkan pendamping ASI yang memiliki bahan ikan, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena ikan aman dikonsumsi oleh bayi dengan cara memberikannya lewat MPASI. Namun jangan lupakan untuk mencatat jaga-jaga jika buah hati tidak bisa menerima ikan dan mengalami alergi. Semoga bermanfaa dan selamat mencoba bunda.

Reply