Waspadai Malaria Pada Ibu Hamil

Waspadai Malaria Pada Ibu Hamil

Tentunya jenis penyakit ini sudah bukan suatu jenis penyakit yang baru anda jumpai, malaria adalah penyakit yang di sebarkan melalui hewan yaitu nyamuk dan ini masih menjadi ancaman buat masyarakat Indonesia. Dan penyakit ini dapat menyerang dan menjadi ancaman yang berbahaya bagi ibu hamil untuk itu waspadai malaria pada ibu hamil. Tentunya ini bukanlah masalah yang sepele dan pentingnya warga Indonesia menyadarinya untuk pencegahan karena malaria masih relative rendah.

Korban/pasien yang terkena malaria cukup banyak. Bahaya malaria dapat menyerang siapa saja termasuk ibu hamil meskipun tingkat bahaya pada ibu hamil akan semakin meningkat dikarenakan pada ibu hamil seringkali mengalami perubahan secara fisiologi. perubahan hormon bahkan perubahan-perubahan  pada jumlah cairan tubuh.Faktor faktor tersebut yang dapat menambah resiko pada ibu hamil yang sedang di derita bahkan dapat menyerang anda dan janin.

Kondisi yang membuat semakin berat ketika pada trimester pertama dan kedua dikarenakan bagian yang disenangi parasit malaria yaitu plasenta dimana menjadi salah satu sumber pertumbuhan janin yaitu makanan janin. Bahkan bagian kosong akan dipenuhi oleh parasit parasit malaria sehingga parasit ini akan mengganggu saluran makanan janin sehingga saluran makan janin menjadi mengecil dan juga rusak sebagian. Akibatnya jatah makanan menuju janin akan terbagi dan terganggu berimbas pada perkembangan janin menjadi terhambat.

Pertumbuhan janin akan jadi terhambat, bahkan pada kondisi yang parah dapat menyebabkan keguguran, oleh karena itu penting sekali anda mengetahui dan mengenali terlebih dahulu gejala yang muncul. Meskipun gejala yang terjadi sulit untuk dideteksi dikarenakan malaria menginjak demam yang tidak berhenti selama dua minggu menyimpan parasit malaria pada organ hati penderita.

Penyakit malaria selain dapat menggangu kesehatan penderita akan menularkan ke orang sekitarnya melalui gigitan nyamuk anopheles betina yang dapat menular secara berkepanjangan, bahkan dapat menginfeksi calon penderita lebih cepat. Penanganan harus dilakukan dengan cepat dan tepat bagi penderita malaria. Bagi ibu hamil yang menderita malaria akan kesulitan dalam penanganannya diakibatkan karena obat malaria pada ibu hamil akan membahayakan bagi janin. Harus ada kiat khusus dalam pemberian obat untuk dikonsumsi ibu hamil. Dengan demikian bagi ibu hamil yang menderita gejala malaria sebaiknya periksa segera ke dokter.

Reply