Yuk kenali cara Mengatasi Stres Selama Masa Kehamilan

Yuk kenali cara Mengatasi Stres Selama Masa Kehamilan

Wanita yang telah menikah tentunya memiliki perasaan yang bahagia apalagi menantikan kehadiran sang buah hati yang ditunggu-tunggu selama 9 bulan dimulai dari melakukan program kehamilan. Meskipun melakukan proses kehamilan selama 9 bulan, wanita tersebut akan terus bahagia sampai di prosesi persalinan. Namun, tidaklah mudah menjalani proses kehamilan dengan bahagia. Kadang kala dalam proses kehamilan, ada beberapa perubahan yang dialami oleh wanita tersebut yang membuat dia stress. Stress ini tentu akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin apalagi jika stress ini berlarut-larut

Perubahan yang dialami seperti pegal-pegal pada bagian tubuh dikarenakan sudah tidak bisa sefleksibel dulu lagi, perubahan psikis dimana wanita akan lebih moodyan dalam menjalani kegiatan sehari-hari dan membuat wanita tersebut lebih mudah emosional, lalu dilanjut setiap pagi dimana wanita hamil mengalami morning sick dan pada malam hari dimana wanita hamil akan sulit tidur dengan berbagai posisi. Tentunya perubahan ini akan menguras tenaga dan pikiran wanita hamil apalagi jika ini merupakan kehamilan pertamanya. Hal ini lah yang membuat mereka mudah stress. Maka dari itu, kami akan memberitahu kepada kalian cara mengatasi stress selama masa kehamilan. Apa saja ya ? yuk intip jawabannya.

  • Pertama-tama, kalian harus meluangkan waktu untuk bersantai ketika stress sedang melanda pikiran kalian. kalian bisa bersantai membaca buku, mendengarkan lagu favorit, atau pergi ke tempat wisata alam dimana kalian bisa menikmati sejuknya udara dan bersantai disana. Kalian juga bisa bersantai dengan mengikuti kelas olahraga yoga yang memang bertujuan untuk merefleksikan diri dari beba-beban serta menghindari pikiran-pikiran negative dalam diri anda.
  • Kedua, istirahat yang cukup jika kalian merasa kelelahan, tidurlah dengan cukup dan jangan biasakan begadang atau terjaga hingga larut malam, sebab hal ini tidak baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandung.
  • Ketiga, berbagilah bersama orang lain, jika anda memiliki masalah yang membuat anda merasa terbebani dan membuat anda cemas, sharing atau ceritakanlah keluh kesah kalian terhadap orang yang kalian percaya misalkan suami anda, orang yang sudah berpengalaman banyak, atau dokter yang bisa diajak berkonsultasi.
  • Hal ini akan mengurangi beban kalian dan kalian juga akan merasakah lega karena telah bercerita dengan orang lain. Jika kalian membutuhkannya, mereka akan memberikan solusi bagi permasalahan kalian.
  • Terakhir adalah pijat refleksi, adalah cara terakhir bagi kalian yang ingin menghilangkan ketegangan dan ketakutan dalam diri anda. Pastikan untuk melakukan pijatan ini pada orang yang sudah ahli serta ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan pijatan refleksi.

Bagaimanapun, untuk mengatasi stress selama masa kehamilan harus di support dari orang-orang terdekat kita, agar kita pun merasa enjoy dan nyaman selama masa kehamilan.

Reply